KawulosejatiSejatiningkawulo

Aku adalah dia, dia adalah aku

"hidup bukan pilihan melainkan ketetapan yang harus dijalani, hidup bukan pula pertanyaan melainkan jawaban yang harus ditindaki" ( Winarno Hadi Saputro, 2007 )

Tentang Kawulo

“aku datang dari balik kabut hitam, aku mengarungi samudera darah, akulah pangeran kegelapan. Kan ku remas matahari di telapak tanganku. Kan ku pecahkan wajah rembulan, pecah terbelah dengan KIDUNG PAMUNGKAS. kan ku buat dunia berwarna merah."

“konangan”

“konangan”

Desa Glagah Sari 03/II, Rumah semi modern , limasan berbatu semen, atap seng warna tanah, pagar spanyolan pupus daun, satu mobil kijang kapsul, satu mobil pick up putih. ”hmm… sarang yang cukup mewah untuk 'beranak pinak' di perkampungan.”

Sore beranjak malam, tetangga, perangkat desa, carik ( sekretaris desa ), satu anak laki-laki, satu anak perempuan, dua duanya PNS ( pegawai negeri sipil ). “benar benar anak yang bisa mendem jero, mikul dhuwur.”

Pak Parto, 47 tahun, istri pedagang sayur pasar legi Solo, disegani, latah. ”latah?” ya memang begitulah kendati Pak Parto termasuk jajaran pamong yang selalu disumanggaaken duduk dikursi depan dalam event desa, mantu, kondangan, kenduri, dan sebagainya tetapi ia punya kebiasaan tak lazim yaitu suka menirukan tingkah laku atau perkataan seseorang dengan tiba tiba atawa latah karena “kenylenehannya” itu jugalah yang menyebabkan ia ketahuan bermain petak umpat dengan istri sahnya

Meski tidak sefrontal oknum bupati yang kepergok skandal seksnya lewat jendela video 3gp atau anggota dewan terhormat yang terintip dalam fragmen kasur dengan pasangan aduhainya di gambar unduh tetapi “kethoprak” yang deperankan oleh Pak carik dan para pelakon lainnya menggeser citra Pak Parto sebagai seorang pamong dimata warga desa.

Mrs SR, adik ipar Pak Parto sedang membeli beberapa barang keperluan rumah tangga di warung kelontong milik Mrs WRT. Warung terbuka, pemilik tak menunggui. Kebiasaan para pembeli di warung desa itu pasti langsung nylonong saja masuk kedalam rumah siapa tahu pemiliknya tidak mendengarkan atau sedang berada di belakang rumah nyambi sesuatu. Sampai didalam rumah, Mrs SR tanpa sengaja mencuri dengar suara mendesah oh no oh yes. “jangan, jangan!”. Dengan jiwa inteljennya Mrs SR menguntit suara itu yang ternyata berasal dari dalam kamar rumah tengah yang kebetulan pintunya sedikit terbuka. ”kebetulan terbuka apa memang nggak sempat ditutup?” dan ternyata “lhadalah, lha lak tenan to pemilik warung benar benar lagi nyambi”. Mrs SR melihat adegan blue film di kamar itu dan yang lebih mengejutkan lagi ternyata Mrs WRT melakukanya dengan Pak pamong yang merupakan kakak ipar Mrs SR.

Seperti biasanya tiap sore Pak Parto selalu menikmati sinetron kegemarannya di salah satu stasiun televisi swasta bersama sang istri. Namun kali ini Pak Parto hanya menonton seorang diri. Sebuah acara televisi yang didalamnya sarat adegan perselingkuhan, serong, bermain mata atau apalah namanya yang dilakukan para suami disebuah komplek perumahan meski para suami selalu mengelak dengan dalih masing-masing dari istrinya tetapai di ending cerita akhirnya ketahuan juga belang sang suami, lalu para suami dihukum oleh istrinya dengan cara yang berbeda-beda.

Sedang enjoy menonton sinetron kesukaannya, tiba tiba istri Pak Parto datang dari luar rumah dengan menggebu-gebu dan wajah marah.
“mas tolong katakan terus terang, mas selingkuhkan?”
Pak parto tersentak mendengar pertanyaan ronde satu dari istrinya, dengan salah tingkah ia mencoba memastikan pertanyaan dari sang istri. “a… a... a... apa, apa kamu bilang?”
“mas selingkuhkan?” pertanyaan ronde kedua.

Pak Parto mulai keluar keringat dingin, “siapa yang bilang?”
“mas tidak usah tahu dari siapa, sebenarnya akhir akhir ini aku sudah curiga dengan kelakuan mas Parto” ronde tiga.

Mulut Pak Parto bergetar, “ja… ja… jangan percaya dengan omongan orang!”
“halah, tadi siang ada yang mengetahui kalau mas ada main degan Mrs WRT?”
ronde empat.
“kamu lebih percaya aku atau orang lain!” kilah Pak Parto.
mas tidak bohong?” ronde lima.
“ya… ya enggaklah.” jawabnya
“jadi mas benar benar tidak selingkuhkan?” ronde enam.
“buat apa aku selingkuh.”
“janji!” ronde tujuh.
“janji.” lagak Pak Parto yang sok tenang karena mengira kemarahan istrinya yang sudah mulai reda tetapi diakhir-akhir ronde inilah pak parto lengah.
“awas kalau sampai ketahuan selingkuh!” ronde delapan.
“nggak deh, mas janji nggak akan ketahuan kalau selingkuh.” Jawab Pak Parto meluncur ringan dari bibirnya persis seperti kalimat yang diucapkan oleh pemeran suami didalam televisi yang ditontonya barusan.
Priiiiiit…! “apa”

Dengan emosi yang tinggi istri Pak Parto menuju dapur dan mengulek beberapa cabai rawit merah untuk menggertak sambal. Saya tidak memberikan tanda kutip atau huruf miring untuk kata gertak sambal karena memang itu bukan istilah tetapi istri Pak Parto benar-benar membuat sambal dan mendatangi rumah Mrs WRT lalu mengusapkan sambal kemuka Mrs WRT. Kejadian ini tak ayal menjadi adegan “goro-goro” di desa dan menjadi infotainment dengan rating tinggi di desa.

"keluarga Pak Parto ada ada aja”



(nama orang dan tempat kejadian disamarkan untuk melindungi pelaku dari infotaintment lain)

1 komentar:

  1. Anonim mengatakan...
     

    Betway Sign Up Offer - Up to £100 in Bet Credits - LACBET
    Betway 샌즈카지노 Sign Up Offer. 카지노 A great deal of the time, if you're lucky, is dedicated to making easy and m88 exciting use of your welcome bonus.

Posting Komentar